Kiat Keamanan di Facebook

Kiat Keamanan di Facebook. Mungkin sobat pernah mengalami kasus-kasus kejahatan yang tidak sobat inginkan terjadi pada akun facebook sobat, sebut saja salah satu contohnya ada seseorang yang iseng memasukkan photo yang tidak senonoh kedalam album photo sobat, atau mungkin ada yang meng-update status sobat, padahal sobat merasa tidak ada update status seperti itu. Sebenarnya ada banyak kasus kriminal yang terjadi di facebook.

Kasus Hacking atau kasus Pishing adalah kasus yang paling banyak terjadi, para penjahat ini berkerja secara brutal (#halah), ada juga yang bekerja secara halus dengan mengirimkan kepada sobat sebuah hadiah yang intinya supaya sobat meng-klik link yang diberikan olah penjahat tersebut.

Kiat Keamanan di Facebook

Kiat Keamanan di Facebook
Keamanan sering menjadi masalah pada beberapa orang ketika privasi nya sudah diobrak abrik. Pengalaman ini sering sekali kita lihat jika teman kita di facebook, yang sudah lama sekali tidak update status, bisa jadi akun nya di bobol orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah keamanan atau security menjadi sangat penting untuk melindungi akun kita dari orang orang jahil. Seperti yang baru terjadi pada teman saya di facebook, sebut saja namanya Putri Lestary (#nama samaran), sudah dua kali ini dalam 1 tahun terakhir facebooknya kerap dibobol orang yang sering menyebut dirinya dengan bangga dengan sebutan "hacker", padahal membobol akun facebook itu sangatlah mudah dan hanya butuh ketelatenan dan keberuntungan saja (anak kecil juga bisa).

Nah sobat, tidak ada salahnyakan kita berjaga-jaga untuk menjaga keamanan akun Facebook kita sendiri. Mau tahu caranya? Berikut beberapa Kiat Menjaga Keamanan Facebook sehingga sobat semakin terjaga di tahun baru 2012 ini.


  • Gunakan selalu SSL Encryption. Dimasa lalu Facebook menggunakan HTTPS–Hypertext Transfer Protocol Secure–ketika Anda memasukan password di laman ini. Hal yang sama terjadi saat Anda belanja online atau menggunakan internet banking. Hal ini ditandai dengan adanya gambar gembok dibagian jendela browser Anda atau adanya perubahan warna hijau. Kini Facebook menerapkan SSL Encryption untuk semua browsing yang berlaku dihalaman websitenya, oleh sebab itu jika suatu saat nanti Anda sedang mengakses FB lewat warnet, coffee shop, atau PC maka aktifkanlah fitur ini. Caranya adalah login ke Facebook Anda kemudian dibagian 'Account Setting' pilihlah 'Security'. Akan ada pilihan 'Secure browsing', lalu pilih 'Edit' dan centang pilihan tersebut dan jangan lupa klik 'Save' untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.
  • Waspadalah terhadap semua informasi yang telah Anda bagikan. Informasi pribadi yang Anda cantumkan di bagian ‘Profile’ akun FB Anda tampaknya tidak membahayakan bagi diri Anda, tapi jangan salah hal-hal kecil bisa saja malah berguna bagi hacker. Sebagai contoh informasi tanggal lahir Anda, bukankah kebanyakan orang banyak yang menggunakan pasword berupa tanggal lahir atau kombinasinya. Dengan menjaga informasi ini secara tertutup akan lebih bisa menjaga keamanan Anda. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menghidupkan fitur dimana hanya Anda dan teman Anda yang bisa mengetahui dimana Anda berada. Biasanya informasi tempat keberadaan Anda dalam suatu waktu tertentu dipergunakan oleh spamer untuk memulai percakapan seperti, 'hi, saya bertemu Anda di XYZ minggu kemarin'. Untuk menggunakan fitur ini maka pergilah kehalaman 'Privacy Settings' kemudian pilih 'Edit Settings' dan 'How Tags Work' pilih 'On' dan jangan lupa klik 'Save'.
  • Tahu cara mengenali penipuan. Jika suatu penawaran terlihat terlalu bagus, mungkin memang demikian. Pikirkan kembali sebelum Anda mengeklik tautan untuk tike pesawat gratis atau penipuan yang umum lainnya.
  • Waspadai pesan yang mencurigakan seperti pesan untuk melihat suatu video, gambar atau lainnya yang dihubungkan ke situs lain.
  • Account yang terkena spam bisa mengirimkan ke jaringan temannya, apabila ini terjadi jangan di klik pada pesan tau link tersebut, beritahukan si pengirim dan beri tau jaringan teman.
  • Konfirmasikan nomor ponsel Anda. Jika Anda lupa kata sandi, kami dapat mengirimi Anda SMS kata sandi yang baru.
  • Menscan komputer pengguna sangat bermanfaat untuk mengantisipasi serangan, di link tersebut terdapat beberapa sumber virus scan dari web antivirus ataupun dari OS.
  • Kebiasaan pengguna untuk selalu waspada dan melaporkan setiap email yang mencurigakan akan sangat membantu untuk menjaga keamanan jaringan social ini. Penggunaan password dengan kombinasi huruf angka dan special karakter akan membantu memperkuat keamanan account.
  • Jangan pernah tampilkan tanggal lahir anda dan email anda di situs jaringan sosial semacam ini. Account kita bisa diambil oleh orang yang tidak bertanggung-jawab dengan sangat mudah.
  • Manfaatkan fitur keamanan yang ada di facebook semaksimal mungkin. Pelajari setting account anda dengan teliti.
  • Gunakan password yang berbeda untuk setiap account yang kita miliki. Untuk meningkatkan keamanan sebaiknya password merupakan kombinasi huruf, angka dan spesial karakter.
  • Jangan pernah gunakan kartu kredit anda dalam jaringan seperti ini semisal membeli gift atau lainnya.
  • Cara yang paling aman untuk bermain facebook adalah dengan membuat semua private dulu baru dibuka satu-satu sesuai kebutuhan.
  • Jangan lupa selalu 'log out' jika Anda selesai menggunakan FB. Lupa untuk log out adalah salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh para pengguna FB. Saya pernah mengerjai teman saya dengan menulis di dinding akun FBnya tulisan, 'mhmmm lagi pingin ngemut neh..' karena di alupa untuk melakukan sign out setelah masuk ke Fbnya. Untung saya orang baik sehingga saya tak mendownload informasi pribadinya. Jika Anda sering lupa untuk selalu log out maka ada satu tips yang bisa melakukan log out otomatis dengan mengaktifkan menu 'Active Sessions'. caranya adalah pergi ke halaman 'Account Settings' lalu pilih 'Security' dan 'edit' lalu periksa dibagian ‘Active Sessions’.

Semoga bermanfaat.

1 Komentar "Kiat Keamanan di Facebook", Baca atau Masukkan Komentar

Nabil Fawwaz El-Qayyim said...

bagus bgt gan tipsnya
http://www.xyraclius.com

Followers