Jaringan Komputer

Setelah sebelumnya saya memposting tentang Mempercepat Kinerja Komputer, kali ini saya akan mencoba posting tentang jaringan komputer. Sebelumnya saya akan coba jelaskan dulu apa itu jaringan komputer kepada sobat semua. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Dalam suatu kota, terdapat banyak rumah dan gedung. Setiap rumah dan gedung memiliki alamatnya masing-masing. Untuk menghubungkantiap rumah dan gedung dibutuhkan sebuah jalan. Dengan adanya jalan ini, setiap penghuni rumah bisa saling berkomunikasi dengan penghuni rumah lainnya. Terjadilah pertukaran informasi disana. Inilah yang disebut dengan jaringan dalam suatu kota.

Tidak jauh berbeda dengan jaringan komputer. Di dalam suatu jaringan komputer, terdapat banyak komputer dengan alamatnya masing-masing. Tiap komputer memiliki informasi dan melalui suatu jaringan, komputer bisa saling bertukar informasi satu sama lain.

Kalau sobat punya komputer dirumah yang tidak terhubung ke komputer lain, maka komputer sebat disebut sebagai komputer yang stand alone. Didalam suatu perusahaan, komputer biasanya terhubung dalam suatu jaringan (network). Tujuan utama penggunaan jaringan ini untuk pertukaran data dan sumberdaya. Untuk lebih jelasnya kita akan eksplorasi lebih dalam tentang jaringan komputer.

Berdasarkan ukurannya, jaringan komputer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. LAN (Local Area Network)
  2. LAN adalah jaringan komputer yang cakupannya terbatas pada suatu lokasi kecil, misalnya didalam suatu rumah, gedung, atau kantor. LAN ini merupakan bentuk jaringan yang paling sering digunakan dalam suatu perusahaan terutama perusahaan kecil.
  3. MAN (Metropolitan Area Network)
  4. Dari singkatannya sudah jelas bahwa MAN memiliki cakupan lebih luas dari LAN. MAN meliputi lokasi dalam suatu kota. Misalnya, ada perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang di kota Pekanbaru, ada kantor di Siak Sri Indrapura, di Bengkalis, di Rupat. MAN merupakan jaringan penghubung antar kantor-kantor cabang tersebut, yaitu kantor cabang Siak Sri Indrapura, Bengkalis dan Rupat.
  5. WAN (Wide Area Network)
  6. WAN merupakan Jaringan dengan cakupan yang lebih luas lagi. Misalnya, perusahaan memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor cabang di Surabaya dan Bandung. Wan menghubungkan antarkantor cabang di kota-kota yang berbeda tersebut.


Contoh Jaringan WAN


Superman IT karangan Shmily Valen

2 Komentar "Jaringan Komputer", Baca atau Masukkan Komentar

Munawwir said...

makasih ya, saya senang sekali membaca artikelnya, sangat menarik sekali untuk dipahami. sekali lagi terimakasih

Reno Rasiwara said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Jaringan Komputer.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita dalam hal ilmu komputerisasi.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Followers